Rabu, 02 Januari 2008

Belajar Bahasa Korea 2

Annyonghaseyo!

안녕하세요 !

Ucapan Salam

1. Annyonghaseyo안녕하세요. Ucapan salam

Dalam bahasa korea, ucapan salam ini dipakai ketika bertemu dengan orang dan untuk mengucapkan selamat pagi, siang, sore dan malam.

2. ~eun / nun ~ / Penanda subjek

Di dalam bahasa korea setiap kata dalam sebuah kalimat hars dikiuti oleh penanda subjek.

· Apabila kata subjeknya berakhir dengan konsonan maka penanda subjeknya adalah ~.

Contoh : 이름 + = 이름은

· Apabila kata subjeknya berakhir dengan vokal maka penanda subjeknya adalah ~

Contoh : + = 저는

3. ~yeyo / iyeyo, imnida ~예요 / 이예요, 입니다 Adalah

Dalam sebuah kalimat yang subjeknya langsung diikuti kata benda, maka kata bendanya harus ditambah dengan ~yeyo / iyeyo, imnida ~예요 / 이예요, 입니다 yang berarti ‘adalah’

· Apabila kata bendanya berakhir dengan konsonan maka menggunakan ~iyeyo ~이예요. Meskipun tulisannya ~ieyo, namun harus dibaca ~iyeyo

· Apabila kata bendanya berakhir dengan vokal maka menggunakan ~yeyo ~예요.

· Apabila membuat kalimat tanya setelah ~yeyo / iyeyo harus diberi tanda tanya.

· Untuk kata yang lebih formal dan sopan digunakan kata ~imnida ~입니다.

· Apabila ~imnida diganti dengan imnika ~입니까? Maka akan berubah menjadi kalimat tanya.

4. jo / je / saya / kata ganti milik untuk saya.

Jo artinya ‘saya’. Je adalah kata ganti milik untuk saya. Je + kata benda menjadi ‘milik saya’

5. ~ssi ~ saudara / saudari

~ dipakai di belakang nama orang untuk semua jenis kelamin (berfungsi netral). Akan tetapi, ~ tidak boleh dipakai di belakang nama sendiri.

Tidak ada komentar: